22
Mar
09

Modus Penipuan via Telepon dengan mengatasnamakan “Halo BCA”

fraud41Kemarin tanggal 21-Maret-2009 saya mengiklankan rumah saya yang akan dikontrakkan di harian Kompas. Pagi harinya kira2 jam 8 pagi saya mendapat telepon dari seorang bapak2 bernama Budi Santoso dari Bandung dengan nomor 081288569777, yang menyatakan bahwa beliau berminat untuk mengontrak rumah saya selama 2 tahun. Pada awalnya beliau masih menanyakan hal2 yang umum seperti harga kontrak rumah, lingkungannya bagaimana, dsb. Kemudian dia bilang tertarik dengan rumah saya dan akan mengontrak selama 2 tahun, serta akan melakukan DP sebesar 5 juta rupiah dulu sebagai tanda pengikat. Lalu saya bilang apakah dia tidak ingin melihat kondisi rumahnya terlebih dahulu, dan beliau menyatakan bahwa sudah sangat tertarik karena istri beliau sudah cek ke lokasi dan tahu persis bagaimana kondisi rumah. Disini saya sudah mulai curiga kok ada orang yang mau bayar DP langsung tanpa liat barangnya dulu. Tapi dia langsung bilang “bapak tenang saja, saya juga gak mau kok beli kucing dalam karung. Saya juga gak mau uang saya keluar sia2. Saya benar2 tertarik dengan rumah bapak”. Dalam hati saya, ya sudahlah biar saja, orang kaya yang bego kali ya. Kecurigaan saya bertambah karena somehow saya bisa tahu bahwa beliau bukan menelepon dari Bandung, tapi lokasinya di Jakarta. Hehehe… πŸ˜€ Kemudian si Budi Santoso ini bilang kalau dia akan segera ke ATM untuk melunasi pembayaran DP nya, dan saya sih OK2 saja. Toh uang masuk kok ditolak… πŸ˜›

Kira2 45 menit setelah telepon pertama, dia menelepon lagi bilang bahwa uangnya sudah ditransfer sebesar 5 juta rupiah ke rekening saya. Dia minta saya ke ATM segera untuk mengecek apakah uangnya sudah masuk karena pas dia transfer di ATMnya, struknya habis. Jadi gak ada print-outnya. Ya sudah, beruntung saya lagi di kantor, dan ATM BCA ada di lantai dasar, saya langsung ke ATM dan ternyata saldonya belum nambah. Saya telepon si Budi Santoso ini untuk mengatakan bahwa uangnya belum masuk, dan ekspresinya seperti orang kaget yang agak dibuat2 (tambah curiga lagi nih…). Kemudian dia bilang akan telepon Halo BCA untuk menanyakan kenapa uangnya belum masuk juga (sambil marah2 ke BCA, dan bilang kalau BCA emang sering kaya gitu. Jelek2in bank aja nih… :P). fraud1Tak lama kemudian dia menelepon saya dan mengajak saya conference dengan pihak “Halo BCA”. Jadi di line telepon itu ada suara Budi Santoso itu dan callcenter “Halo BCA” gadungan yang namanya saya lupa. Sekilas memang cukup meyakinkan, mungkin karena sudah berpengalaman kali ya. Suaranya ramah seperti callcenter lainnya dan mengatakan kepada saya bahwa menurut data di BCA bahwa memang uang di rekening Budi Santoso sudah keluar ditransfer ke rekening saya, tetapi karena ada problem di jaringan maka uang tersebut baru bisa ditransfer/masuk ke rekening saya paling lambat 4 hari kerja. Saya kemudian menanyakan ke callcenternya, “Emang problemnya dimana mas? Gak papa, jelasin aja. Saya orang Network kok. Ngerti lah kalau dijelasin problemnya apa”. Kemudian si callcenter gadungan menjawab terbata2. Tapi dia langsung mengatakan kira2 seperti ini, “Begini pak, jika bapak ingin uangnya segera ditransfer, maka kita membutuhkan bantuan bapak untuk mengaktivasinya via ATM. Bapak sedang di dekat ATM kan? Bapak bisa gak masuk ke ATMnya? Nanti saya pandu…”. Nahh, disini baru saya yakin 100% ini penipuan. Saya pura2 masuk ATM dan mengikuti perintah si callcenter. Cuma karena mengingat saya lagi banyak kerjaan, kemudian saya katakan saja ke callcenternya, “ya sudah mas, duitnya saya tunggu 4 hari kerja saja lah. Gak masalah kok, gak usah buru”. Ehh, malah si callcenter dan Budi Santosonya sedikit memaksa dan membujuk2 kalau lebih baik transaksinya diselesaikan sekarang saja, biar urusannya selesai. Kemudian saya bilang saja ke Budi Santoso itu kalau memang uangnya masuk, nanti akan saya telepon dia. Dan telepon saya matikan. Kemudian saya coba2 browsing2 di google, dan mendapati link ini yang menjelaskan bahwa pernah juga mendapat telepon dari nomor tersebut. Si Budi Santoso ini belum nelpon saya lagi sampai sekarang.

Nahhh itu adalah telepon yang pertama. Total ada 6 telepon dari penipu yang masuk ke HP saya kemarin. Hari yang sibuk ngurusin penipu…. πŸ˜€Β  Telepon kedua berasal dari bapak dr. Yunus fraud3dengan nomor 081219159907 mengaku dari Banjarmasin (padahal bukan, nelponnya dari Jakarta juga. hehehe… :P) dan berminat dengan rumah kontrakan saya karena ingin pindah ke Jakarta. Modusnya sama persis (gak kreatif…:P).Β  Benar2 tertarik dengan rumah tersebut, istrinya sudah cek ke lokasi (kok selalu menggunakan istri ya. Mungkin karena istri adalah orang yang dipercaya kali ya), dan yang menarik adalah menggunakan istilah “kucing dalam karung” lagi. Jadi bingung, apa mereka semua satu perguruan ya. hehehe… Di telepon yang kedua ini saya mulai iseng ingin ngerjain mereka balik. Jadi setelah si dokter gadungan ini bilang kalau uangnya sudah ditransfer, dan saya cek tetap gak ada uang masuk, saya telpon pak dokter gadungan ini. Berikut kira2 dialog saya dengan beliau:

saya: halo, dengan pak Yunus?
“dr. Yunus”: iya saya sendiri. Gimana pak, sudah masuk transfer saya sebesar 14 juta rupiah?
saya: Oiya, sudah pak. Sudah masuk. 14 juta rupiah kan? Wahhh terima kasih banyak pak Yunus yaaa…
“dr. Yunus”: ee… ee… (agak bingung dan terbata2… :D).
saya: Kenapa pak? bapak gak percaya kalau uang bapak sudah masuk ke rekening saya?
“dr. Yunus”: ee…eee… (masih terbata2 juga… :D). Bukan begitu pak. Saya cuma ragu2, apakah transfer saya masuk atau tidak ke bapak. Karena di ATM ini gak ada print-outnya. Jadi makanya saya konfirmasi ke bapak…
saya: Owwhh gitu. Ya sudah, gak masalah kok. Transfernya sudah saya terima. Terima kasih banyak ya pak. Senang berbisnins dengan anda.
“dr. Yunus”: eehhmmmm…. (kebingungan). OK deh pak. Terima kasih ya pak Ronald.
saya: Terima kasih kembali…

Saya tertawa puas. Tetapi selang 3 menitan, beliau menelepon lagi. Belum menyerah kayanya si Yunus satu ini. Tapi gak papa lah, saya angkat saja. Berikut kira2 kutipannya lagi…

“dr. Yunus”: pak Ronald… Begini pak, ternyata uang transferan yang masuk itu adalah uang istri saya. Tiba2 saya baru menerima surat peringatan bahwa istri saya harus melunasi uang kuliahnya hari ini juga maksimal jam 3 sore ini.fraud21
saya: Oiya. Terus kenapa pak? (saya sambil ngomong santai saja saja)
“dr. Yunus”: Iya, saya mohon uang yang tadi bisa gak dikirimkan ke rekening saya lagi. Saya benar2 butuh uang itu. Istri saya soalnya lagi kuliah di Singapore.
saya: Wahhh… Jauh amat kuliahnya pak. Ngambil apa disana pak? Kok gak di Indonesia aja. Di Indonesia juga bagus2 loh Universitasnya…
“dr. Yunus”: (Agak kesal, tapi kemudian mengeluarkan nada memohon) Tapi tolonglah saya pak Ronald. Yang saya minta hanya itikad baik bapak saja.
saya: Bukan begitu pak. Kan kita sudah perjanjian kalau DP adalah tanda ikatan kontrak. Uang yang sudah masuk ke rekening saya gak bisa dikeluarkan lagi.
“dr. Yunus”: Bisa kok pak. Bapak ke ATM lagi saja. Nanti saya pandu deh.
saya: (Buseettt… Gak nyerah juga nih tukang tipu. Kayanya dia masih belum tau deh kalau dia lagi saya kerjain :P) Memang bisa pak. Tapi masalahnya saya tidak mau melakukan itu. Apalagi uangnya langsung saya belanjakan lagi barusan. Dan lagi itu bukan masalah saya…
(dr. Yunus masih mengiba2. Cukup lama lah, kira2 3 menitan. Saya agak lupa dialognya, tetapi saya tetap bilang saya tidak mau tranfer balik. Capek juga meladeni, akhirnya saya berusaha mengakhiri telepon tersebut)

Nah untuk telepon yang ketiga, keempat, kelima, dan keenam kira2 samalah. Yang jelas mereka sama2 langsung deal dengan harga, menyatakan benar2 tertarik, ingin bayar DP langsung, dan transferan gak masuk ke rekening saya. Berikut nama2 para penipu dan nomor handphone yang digunakan oleh mereka:

  1. Budi Santoso, 081288569777.
  2. dr. Yunus, 081219159907.
  3. Jasman, 081237069075. (saya juga melihat kasus serupa di blog ini)
  4. Edi 081288324759
  5. Budi 081289377342
  6. Dani 081289023477

Untuk cerita lainnya yang berasal dari korban langsung bisa juga dilihat disini. Tapi karena pengalaman ini jadi malas juga untuk memasang iklan lagi, karena iklan baris merupakan sarana yang baik bagi penipu untuk melancarkan serangannya…

33 Responses to “Modus Penipuan via Telepon dengan mengatasnamakan “Halo BCA””


  1. 1 FeRLy
    23 March 2009 at 2:40 pm

    hi3..sia2 aj mahal2 pasang iklan,yg nelp penipu smua..pdahal yg akhirnya jd ngontrak rmh malah dpt informasi dr tetangga,bkn dr koran..wakaka..

  2. 23 March 2009 at 5:51 pm

    Masih belum ada yang confirm sih buat ngontrak. Tapi kebanyakan calon pengontrak dapat informasi bukan dari iklan baris di kompas. Justru yang dapat info dari iklan baris itu adalah penipu, biro iklan, agent, penawaran kartu kredit, kredit tanpa agunan, dll. Ada2 saja…
    Tapi gpp lah. Namanya rejeki biasanya harus dipancing dulu baru bisa mampir. Heheheh… πŸ˜€

    Oiya NB: Buat para penipu kalo kebetulan mampir, tulis comment dong disini. Biar kita saling kenal, dan menjaga tali silaturrahmi… πŸ˜›

  3. 27 March 2009 at 4:10 pm

    gyahahahaha,,, keder kali tuh penipu πŸ˜›
    Mungkin sebenrnya pesen moralnya adalah : jangan pajang no telp / HP sembarangan. Biar aman beli aja satu nomor baru, trus buang abis itu.

    NB . bang.. abang penipu.. kenalan dwooonkk :>

  4. 4 ronaldrenaldi
    27 March 2009 at 10:13 pm

    Iya dhia, setuju. Kemarin itu udah kepikiran sih buat mencantumkan nomor HP yg lain, tapi gak jadi. Yahh, itung2 pengalaman lah. Ora opo2… πŸ˜€
    Kalo dari suaranya sih sepertinya ganteng semua tuh dhia. Apa mau saya share no HP kamuh disini? Hehehe… πŸ˜›

  5. 5 cakrif
    28 April 2009 at 3:54 pm

    Buaya mau dikadalin…ya ga mempan lah jurusnya…wakakakakak

  6. 6 ronaldrenaldi
    28 April 2009 at 6:25 pm

    hehehe… kalo saya buaya, ente jadi apanya cak? hehehe… πŸ˜›

  7. 7 cakrif
    29 April 2009 at 10:17 am

    gua pawangnya aja deh wer, hehehehe…

  8. 8 Missae
    14 May 2009 at 11:23 am

    hehehe… nyonyaku barusan ditelp penipu. katanya menang undian Tsel. ini nomernya 081387449888. dia orang mana ya pak tower? anda kan tahu segalanya πŸ˜€

  9. 9 ronaldrenaldi
    14 May 2009 at 1:10 pm

    Waahhh… Saya ndak tau mas Missae. Lagipula, bagaimana saya bisa mengetahuinya. πŸ˜› Tapi ndak papa lah, saya akan minta bantuan mama Loren… πŸ˜€
    Btw bilang apa aja tuh si penipu. Kali aja bisa dishare, biar bisa yang baca bisa tau modus2 penipuannya… πŸ™‚

  10. 1 November 2009 at 11:19 am

    that was very funny… aku sih cuma pernah ngerjain penipu via sms ituloh…hahhaah lucu sekali mereka yah….

  11. 11 Boeset
    10 November 2009 at 12:44 am

    Ronald, tolong dong dishare gimana bisa tahu dari nomor HP kalau itu nelepon dari Jakarta atau bukan..? Thanks..biar kita yang awam bisa jadi sedikit lebih ‘ahli’..hhe..

  12. 12 ronaldrenaldi
    11 November 2009 at 1:02 pm

    @ellen: iya ellen, rasanya puas banget. apalagi denger langsung nada suara mereka. mudah2an bisa jadi pelajaran deh berhati2 terhadap modus penipuan yang semakin lama semakin berkembang…

    @boeset: maaf nih bukannya saya gak mau share, karena sebenarnya saya sendiri juga gak boleh melakukan hal itu terkait privasi pelanggan. hehehh… tapi saya janji kok tidak akan melakukannya lagi… πŸ˜€

  13. 24 November 2009 at 2:38 pm

    trimakasih infonya tadi siang saya juga abis dikerjain sama si tukang tipu itu, untung saya langsung browsing kasus macam ini, alhamdulillah selamat

  14. 15 ronaldrenaldi
    29 November 2009 at 8:38 pm

    @oki: syukurlah baik2 aja mas. beberapa nomer yang saya cantumkan diatas spsertinya sampai saat ini masih aktif, masih banyak yang japri saya bilang dapat telp dari mereka2 itu…

  15. 16 yang ditipu BUDI SANTOSO
    8 January 2010 at 1:08 am

    (BUDI SANTOSO)ORANG INI PENIPU, SEKARANG DIA ADA DI KEMAYORAN (PRJ) JL ANGKASA DALAM 2
    SY PUNYA TELEPONNYA : BUDI SANTOSO : 021 32225551, 08179900332, 081219666661
    ORANG INI PENIPU ULUNG. YANG MERASA PERNAH DI TIPU TLP SAJA NOMOR DIATAS.

  16. 8 January 2010 at 11:54 am

    silahkan cek link di blog saya, saya pernah mengalami hal serupa πŸ™‚

    http://riri.blogdetik.com/2009/12/12/alert-penipuan-berkedok-reseller-kennie/

    semoga berguna..makasih πŸ™‚

  17. 18 ronaldrenaldi
    19 January 2010 at 7:24 pm

    @yang ditipu budi santoso & Riri: okay, thanks infonya yahhh… πŸ™‚

  18. 19 alll
    24 January 2010 at 11:50 am

    kocak..
    ky novel j..

  19. 20 Lel
    26 March 2010 at 5:10 pm

    Pak, ini sama seperti yg sy alami, cuma saya gak kepikiran untuk browsing saat kejadian, orang tersebut mengaku bernama Rahmat Santosa, transfer dari rekening istrinya Tjiew Jinny F, dan penelpon gadungan halo bca itu menyuruh saya transfer ke rekening Nasrul Rahman, sudah dilapor ke Halo BCA & Polisi, selanjutnya belum jelas kelanjutan follow upnya dan tidak akan terungkap bila tidak diambil tindakan dan kerjasama yang baik antar pihak polisi & perbankan, karena pelaku sangat profesional, dalam hitungan detik uang lenyap tertransfer. Pelaku beraksi di weekend.Hati-hati buat yang lain yang pasang iklan.

  20. 21 bayu
    13 June 2010 at 7:41 pm

    085210214673
    Dr budi santoso juga. Tapi ngakunya dr undian telkomsel

  21. 26 November 2010 at 6:51 am

    lha ada yach modus kaya begitu. untung aja saldo ane ga pernah sampe segitu. ampun dech..ribet terima telfonnya
    tapi bagus juga kalo buat mereka buang pulsa nelfon yach..bkn untung tp mereka buntung

  22. 23 jendri
    23 December 2010 at 4:25 pm

    Saya jual rumah melalu internet, Ber tamu org ngaku suami istri, wanita ngaku bernama Ibu FERA 083898328069 laki2 ngaku HERLAMBANG LUBIS 081237069075 (sepasang anak muda berprofesi PENIPU), Dua Minggu kemudian si wanita kirim sms kalo cocok dengan lokasi rumah serta rumah yg saya tawarkan. Di dalam sms tersebut Wanita ini minta saya untuk menghubungi suaminya dengan nama Herlambang Lubis nomorHP 081237069075, SMS Saya jawab begini;”terima kasih dan mohon kirim fc ktp suami/istri, fc kk, fc buku nikah dan surat penawaran harga yg di inginkan lengkapi dg nomor phone rumah dan nomor phone kantor dan nama atasan dan jabatan”

    HATI HATI DENGAN PENIPU INI,
    Ibu FERA 083898328069
    HERLAMBANG LUBIS 081237069075
    Terima kasih.

  23. 24 Bang Gen's
    15 March 2012 at 6:43 pm

    081280121747 nama : Gunawan Santoso..!!
    ngaku asal surabaya..
    mohon hati2..!!

  24. 3 August 2013 at 3:15 pm

    terima kasih atas infonya pak renaldi,
    hari ini saya hampir jadi korban penipuan yang 100% mirip modusnya seperti ini.
    untung saya curiga dan tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh si oknum tersebut.
    sekali lagi terima kasih atas posting ini.

  25. 26 wardhi
    13 September 2013 at 6:43 pm

    Pak Renaldi Mung

  26. 27 wardhi
    13 September 2013 at 6:45 pm

    Pak Renaldy saya Sudah kena bahkan uang saya kena 19 jt pak,mungkin saya agak bingung jg karna banyak kerjaan,ini baru kemaren saya alami di tipu dengan yang namanya bambang santosa ,ngakunya darp cv Rezky Indah pratama..

  27. 28 wardhi
    13 September 2013 at 6:49 pm

    dengan adanya blog pak renaldy semoga banyak yang baca dan tau modus seperti ini,biarlah tuhan yang membalas karna duit yang tidak halal gak akan ada gunanya,dimakan juga gak akan menjadi daging.
    saya suka dengan blognya pak Renaldy semoga aja gak akan ada lg korban yang lain.
    Thanks..

  28. 29 agus
    11 June 2014 at 10:36 am

    saya juga hampir ketipu….dan masih berlangsung sekarang ni,,,,,pengen tahu sampai mana dia bisa nipu hahaha…….modusnya sma juga dengan anda sekalian.
    saya jual mobil di berniaga dan dia menelpon dan langsung mau memberi dp senilai 5 juta.
    saya sih curiga dan langsung search…ternyata iya modus yang sama dengan kasus saya kali ini.
    dia mengatasnamakan Herlambang..no HP 085322017823
    tapi alasannya transferan ke rek saya sedang pending…dan minta berpa jumlah saldo rek saya.
    wah wah wah malah tambah curiga lagi ni….tapi saya tidak mau memberi no rek baru cuman mau bikin dia bingung aja…

  29. 13 September 2014 at 12:19 am

    Many people argue that mobile phones cause the youngsters of our
    country to become anti-social, in thanks to being able to bury
    their thoughts into their phones instead of speaking to others face to face.
    I have seen people going through life changes, children leaving home, divorce, death
    of loved ones, moves from far across the country, and loneliness.
    The jack, the controls, and the port may seem a lot for this small device but these are very well laid out on the player.

  30. 13 September 2014 at 4:44 am

    One of the participants will flip the coin while the
    other member of the group of participants will be pouring a small portion of their drink into a large glass.
    Guide lines to gain marks in test Read thought this section
    rapidly. Otherwise, take off the choice for on the web play.

  31. 16 December 2014 at 7:57 pm

    Waaahh.. Ternyata kita senasib Gann hehehe… Saya juga di telpn org yg ngaku bernama Dr. Budi “Penipu” dari Bandung dgn nope ini 082377727058. Modusnya sama bangetttt :
    1. Mau sewa kosan langsung bayar setahun dan DP 2bulan buat putrinya, padahal belum pernah survey… πŸ˜€
    2. Ngaku2 udah transfer DP, transferan gak masuk, dianya menyalahkan bank, dan memaksa saya ke ATM… πŸ˜€

    Pokoknya mirip banget dgn modusnya dgn yg agan alami….

  32. 18 March 2016 at 11:34 pm

    What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this
    I’ve discovered It positively helpful and it has helped me out loads.
    I am hoping to contribute & help other customers like
    its helped me. Great job.


Leave a Reply

