09
May
09

komputer sayang, komputer malang…

Well, udah lama sekali rasanya gak mampir ke sini. Agak sibuk belakangan ini. Kerjaan, kuliah, ngurusin rumah, dll. Hahahaaa… Gaya sekali jadi orang sibuk… 😛 Di samping itu juga kebetulan laptop saya rusak kemarin, jadi lumayan gak bisa online di rumah…

37040864__1238606566__1__1-56658a2202f3ddd13e1e7274b0600801.__big__Okay, mau cerita apa ya. Kali ini saya mau cerita tentang komputernya Biondi yang katanya rusak.

Berdasarkan ‘pengaduan’ neng Ferly, bahwasanya sewaktu menggunakan komputer Biondi, tiba2 komputer ngehang. Dan juga pas masuk ke BIOS, layar monitor komputer malang tersebut kedap-kedip. Okay, saya bawa saja itu komputer ke rumah. Dan memang, sewaktu komputer dihidupkan, layar monitornya kedap-kedip dan tidak bisa masuk ke Windows XP. Nah yang anehnya lagi, kadang2 malah gak diapa2in, berhasil dengan lancar masuk ke Windows XP. Namun setelah beberapa lama menjalankan program, kemudian Hang lagi. Apanya yang salah??? Hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah Power Supply nya problem. Saya coba ganti dengan Power Supply saya yang masih bagus, tetapi tetap saja. Kemudian juga coba mengganti VGA card karena layar monitor sempat kedap-kedip, tetapi masih tetap bermasalah juga. Baiklah, kalau begitu mungkin karena drivernya yang konflik. Karena menurut empunya PC data2 di Hard Disk gak begitu penting dan PC nya juga agak2 lemot, jadi memutuskan untuk Format habis dan Install Ulang XP nya.

computer_problemBerbekal CD XP bootable, saya install ulang XP nya. Namun di tengah2 proses inisialisasi, Setup XP mengeluarkan pesan An unexpected error has occurred. (536821760) occurred at line 1768 in D:\xpclient\base\boot\setup\arcdisp.c. Wahh apalagi nih. CD XP nya gak mungkin rusak, karena kemarin ini baru aja digunakan untuk install PC lain. Dan lagi yang aneh, Hard Disknya kan baru saja diformat dan tinggal satu partisi saja yaitu drive c. Kok malah yang error karena drive d. Jadi kepikiran, jangan2 karena RAM nya yang rusak. Kemudian saja coba saja mencabut salah satu RAM nya, dan ternyata SUKSESS…. Berhasil, berhasil, berhasil….. 😀 Layar monitor gak kedap-kedip lagi, berhasil install XP dengan lancar, Booting dengan sukses, install driver+program gak masalah. Problem Solved!

Setelah itu coba googling, dan mendapatkan link ini. Damn!! Soo, morale story nya: Jangan pusing2. Google akan selalu membantu anda!!! Hehehehe… Jadi promosi Google. 😛

1 Response to “komputer sayang, komputer malang…”


  1. 19 February 2010 at 11:12 am

    wah maslah yg mirip dgn netbook ku
    aku beli netbook baru, waktu install XP saat proses 35% stag, lama gak selesai2
    akhirnya aku stop. setelah istirahat sejenak diulangi lagi sukses install.
    cuman wkatu dipakai kadnag freeze, komputer diem aja gak mau diapa apakan tapi monitor nyala.

    trus coba instal Win 7, copy CD dri temen yg sukses install 7 ke netbook nya
    kejadian sama saat instalasi stag, trus aku ulangi sukses isntallnya.
    masalah di xp muncul layar kedip kedip, kadang freeze dan harus hard reset kalo sudha begitu. anehnya ini terjaid di netbooku aja di netbook temen2 gak ada masalah dgn netboo type dan merk yg sama dna juga dgn CD Win 7 yg sama .
    harusnya kan 7 sudah bisa kenl driver SATA tapi pas aku set enable AHCI di BIOS pas mausk ke 7 blue screen.
    akhirnya aku set AHCI ke dissabled.

    herannya kadang aku bisa jalankan 7 dgn lancar tdk ada masalah. pernah aku buat liat video film selama 3 jam ok ok saja begitu film selesai aku klik stop mau aku shoutdwon eh sudah hang duluan dan akhirnya hard reset.

    sekarang XP dah normal , yg 7 maish suka kedip kedip kalo gak Hang, freeze

    bantuin solve problemnya ya, thanks.

    apa karena RAM nya juga ?
    spek netbooku RAM 1GB, HDD 160GB, INTEL ATOM N280


Leave a Reply

