09
May
09

Laptopku sayang, Laptopku malang…

Ehhmmm… ini sambungan dari blog sebelumnya. Daripada dijadikan satu post, mending dipisah saja.

Hard Disk Laptop saja rusak. Padahal merknya Seagate Momentus 5400 SATA 80 GB. Apa saja tanda2nya sebelum Hard Disk ini almarhum?

  1. ist2_781818-computer-doctor-at-workSebulan sebelum rusak, jika menjalankan program, pada saat melakukan Save As akan terasa lambat sekali. Pada awalnya saya kira karena XP nya yang agak2 error.
  2. Laptop sering Hang. Tetapi kejadian Hang nya (mungkin hanya kebetulan), lebih sering pada saat laptop ditinggal kurang lebih 15 menitan. Tapi kalau sewaktu sedang digunakan menjalankan aplikasi, jarang Hang. Saya gak tau kenapa, mungkin ada yang bisa menjelaskan?
  3. Saat Hang, kemudian terpaksa hard restart, tidak bisa melakukan boot ke XP. Akan muncul Blue Screen Of Death (BSOD). Tetap tidak bisa masuk save mode, enable boot looging, last known good configuration, start windows normally, dll (semua menu yang ada pada saat kita tekan F6 atau F8 sebelum log in Windows).
  4. Kemudian tanpa action apapun, tiba2 berhasil masuk ke Windows. Tapi kemudian bisa Hang lagi.
  5. Hard Disk tetap bisa ter-detect di BIOS.
  6. Hard Disk sudah coba dipasang ke komputer lain, tetapi tetap error. Hard Disk tetap terdeteksi di komputer lain (detect new hardware Seagate bla bla bla…), tetapi Drive nya tidak terdeteksi.
  7. Saat saya memutuskan untuk install XP, Setup XP tidak dapat mendeteksi Drive pada Hard Disk. Dan Setup XP akan diam saja, tidak melakukan apa2, dan Hang.
  8. Tidak dapat masuk ke recovery console dengan menggunakan CD Windows XP pada saat Setup XP.

Hard driveSetelah semuanya sudah saya lakukan tetap tidak bisa juga, baru kemudian saya coba kanibal dengan laptop lain. Thanks to Rizki yang sudah meminjamkan DDR2 nya. Saya coba ganti memory hanya untuk memastikan. Kan gak lucu setelah beli Hard Disk baru, ternyata yang rusak memorynya. :P Kemudian juga Thanks to Indra yang sudah meminjamkan Hard Disk Western Digitalnya untuk dicangkok ke laptop saya… :D

Akhirnya karena saya butuh segera menggunakan ini laptop, saya memutuskan untuk beli Hard Disk baru. Kecewa dengan Seageate. Padahal salah satu alasan kenapa saya beli laptop ini karena menggunakan Hard Disk Seagate. Ternyata, bobol juga pertahanannya… šŸ˜¦ Hard Disk yang rusak masih ada sama saya. Masih berencana untuk dioprek2, siapa tau masih bisa kembali seperti semula. Kan lumayan bisa buat External Hard Disk. Kalau menurut saya sih kemungkinan problem di Sektor-0 nya atau pada controllernya. Ada masukan dari rekan2 sekalian?

Well, Hard Disk saya yang baru adalah Hitachi 5400 SATA 160 GB. Hitachi terkenal kan dengan putaran mesin cuci nya yang Oke. Siapa tau putaran Hard Disk nya juga Oke. Hehehehe… šŸ˜›

6 Responses to “Laptopku sayang, Laptopku malang…”


  1. 1 FeRLy
    11 May 2009 at 10:38 am

    ui..ad yg km lupain tuuh..yg hitachi assembly thailand, yg seagate assembly china…kt liat aj ntar, thailand vs china bagusan mn?bakal collapse dua2nya,atokah thailand akan memenangkan pertandingan ini??hehehehe…

  2. 2 ronaldrenaldi
    12 May 2009 at 2:50 pm

    Hehehe… dik Ferly tidak boleh SARA dong, membanding2kan Thailand dengan China… šŸ˜›

  3. 3 Missae
    14 May 2009 at 11:01 am

    Lah… kan itu dah tau cara benerinnya.
    emang… Lem Kuning (LEMpar tuKU maNING) sama Lem Biru (LEMpar BelI baRU) solusi paling mutahir untuk mengatasi masalah anda. wakakakak

  4. 4 ronaldrenaldi
    14 May 2009 at 1:14 pm

    Hahaaa…. Iya mas missae, sudah saya eksekusi saran anda. Berkat tutorial yang pernah anda ajarkan dahulu… šŸ˜›
    Mis, benerin harddisk gw tuh. Ntar kalo bisa bener, ente saya kasi kuota 30 GB deh buat nyimpen lagu2 campursari ente. hwaahhwahh…. šŸ˜€

  5. 10 June 2009 at 2:19 pm

    Udah mas.. daripada memble aja trus gak kece.. mending beli asus EEE 701 dari aku.. harga pasaran 4 juta, aku jualnya US$250 doangan.. Hyahahha.. *jualan* Gyeehehhe.. liat blog ini dari blognya didien.. salam kenal.. šŸ˜€ *jabat tangan*

  6. 6 ronaldrenaldi
    10 June 2009 at 5:29 pm

    Hehehe…Saya udah keburu beli hard disk baru mba’ Titiw. Tapi tenang saja, EEE PC 701 nya saya masukkan ke shopping cart saya… šŸ˜€
    Salam kenal juga ya mba’ Titiw. Anyway, blog nya baguss. Saya subscribe yah…
    Thanks! šŸ™‚


Leave a Reply

